Lima Jalan Tol Di Atas Laut Terpanjang Di Dunia

loading...
Lima Jalan Tol Di Atas Laut Terpanjang Di Dunia - Jalan tol bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempersingkat waktu tempuh atau pun mengatasi kemacetan dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk bisa menggunakan jalan tol penggunanya harus membayar sejumlah uang sesuai dengan tarif yang berlaku.

Penentuan tarif didasarkan pada golongan kendaraan. Bangunan yang menjadi tempat atau fasilitas tol dikumpulkan biasa disebut dengan pintu tol, rumah  tol, plaza tol tetapi di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gerbang tol.

Selama perkembangannya jalan tol kini tidak hanya dibangun di darat saja, beragam inovasi telah dilakukan diberbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Sekarang jalan tol sudah ada yang dibangun diatas lautan. Misalnya jalan tol Bali Madura yang merupakan jalan tol di atas laut pertama di Indonesia, Jalan tol ini juga dikatakan sebagai jalan tol terindah yang ada di Indonesia.

Untuk semakin menambah wawasan anda semua berikut kami berikan beberapa jalan tol diatas laut terpanjang yang ada di dunia. Jalan tol dibawah ini adalah jalan tol yang pembangunannya telah diselesaikan dan telah digunakan oleh banyak orang.

1.Jalan Tol Bali Madura


Jalan Tol Bali Madura

Jalan tol Bali Madura adalah jalan tol diatas laut pertama yang dibangun di Indonesia. Jalan tol ini diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013. Jalan tol ini merupakan jalan tol yang pertama kali dibangun diatas laut di Indonesia sehingga kerap kali disebut sebagai jalan tol terindah yang ada di Indonesia.

Buat yang belum pernah dengan soal jalan tol ini, kami akan berikan sedikit penjelasan disini. Seperti yang nampak pada gambar diatas, Jalan Tol Bali Madura merupakan jalan tol yang dibangun diatas laut, jalan ini menghubungkan tiga kawasan yaitu Pelabuhan Benoa, Nusa Dua, dan kawasan Ngurah Rai Tuban.

Selain itu, Jalan Tol Bali Madura juga merupakan jalan tol diatas laut pertama yang memiliki jalur khusus untuk pengendara sepeda motor, jalurnya terletak di bahu kiri jalan. Setiap kendaraan roda dua yang masuk dikenakan tarif sebesar 4.000 rupiah. Batas kecepatan untuk jalur ini adalah 25-40 km/jam.

2.Jalan Tol Penang, Malaysia


Jalan Tol Penang, Malaysia

Jembatan Penang adalah jalan tol yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.

Jalan tol ini secara resmi dibuka pada tanggal 14 September 1985. Total panjang dari jembatan ini adalah 13,5 kilometer, sekaligus menjadikan jembatan ini sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan jadi landmark Malaysia.

Sebelum tahun 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna hanya akan dikenakan tarif saat menuju Penang, dan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun saat meninggalkan pulau, tarif sekali perjalanan adalah 5,6 Ringgit.

Sejak tahun 2004, jembatan ini mendapatkan perluasan jalur dari 4 jalur menjadi 6 jalur untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas yang semakin meningkat. Kemudian pada tahun 2009 diresmikan oleh Mentri PU Malaysia Dato' Shaziman Abu Mansor.

3.Chesapeake Bay Bridge


Chesapeake Bay Bridge

Jalan tol ini terbentang dengan panjang 24,140 km untuk melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika. Jembatan ini menghubungkan kawasan Pantai Timur dengan Barat Shore lebih perkotaan.

Pada awalnya jembatan ini hanya memiliki panjang 6,9 km pada tahun 1952. itu adalah yang terpanjang didunia dengan struktur baja. Rentang paralel ditambahkan pada tahun 1973.

4.Lake Pontchartrain Causeway


Lake Pontchartrain Causeway

Lake Pontchartrain Causeway, Amerika. Merupakan jalan tol diatas laut yang memiliki dua jalur. Jalan tol dibangun diatas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, memiliki panjang 38,4 Km, dan menghubungkan dua kota di Amerika Serikat.

Pada bagian selatan jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan pada bagian utara terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, diresmikan dan selesai pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.

5.Jalan Tol Jiaozhou Bay


Jalan Tol Jiaozhou Bay

Jalan tol diresmikan oleh pemerintah China pada 30 Juni 2011. Jalan tol yang diberi nama Jiaozhou Bay Bridge, berada di Qingdao, China timur Provinsi Shandong. Jiaozhou Bay adalah jalan tol lintas laut terpanjang di dunia dengan total panjang 42 kilometer atau
26,4 mil.

Demikianlah, Lima Jalan Tol Di atas Laut Terpanjang Di Dunia, yang dibangun diberbagai belahan dunia. Semoga bisa menambah wawasan kita semua, terimakasih. Jangan lupa di Share ya...^_^
loading...

0 Response to "Lima Jalan Tol Di Atas Laut Terpanjang Di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.