Ini dia Sosok Opah Ikan Laut Berdarah Panas Di Dunia

loading...
Ini dia Sosok Opah Ikan Laut Berdarah Panas Di Dunia - Dari dulu hingga sekarang, sejak kita masih jadi murid sekolah dasar, guru biologi sering bilang dan mengajarkan bila burung dan semua hewan yang hidup di darat adalah hewan berdarah panas. Berbeda dengan ikan, reptilian, dan amfibi yang termasuk dalam golongan hewan berdarah dingin.

Hewan berdarah panas merupakan hewan yang mampu dapat mengatur suhu tubuh dengan mekanisme internal. Ada juga yang disebut hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya selalu berubah menyesuaikan dengan lingkungannya dan cara melakukan adaptasi pada suhu dan perilaku.

Ini dia Sosok Opah Ikan Laut Berdarah Panas Di Dunia

Tetapi baru baru ini, sepertinya apa yang akan dikatakan guru pada muridnya akan berubah. Sebuah penemuan baru yang di publikasikan di jurnal Science pada kamis (14/5/2015) telah mengungkapkan bahwa ada hewan laut (ikan) yang berdarah panas. dia adalah Nicholas Wagner, seorang ahli biologi dari badan Administrasi Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat (NOAA) yang menemukan ikan berdarah panas pertama di dunia, yakni ikan opah.

Opah adalah ikan laut pertama yang ditemukan berdarah panas


Opah merupakan jenis ikan pelagis yang berat rata-ratanya bisa mencapai 90 kilogram. Tubuh ikan yang memiliki nama Latin Lampris guttatus itu berukuran setara dengan ban mobil dan berbentuk oval. Jenis itu menghabiskan hidupnya pada kedalaman 50-300 meter di lautan untuk berburu cumi-cumi.

Pelacakan satelit menemukan fakta bahwa Opah menghabiskan sebagian besar waktunya dalam hidupnya di kedalaman 150 sampai 1.300 kaki tanpa muncul ke permukaan secara teratur. Hiu dan tuna adalah contoh hewan berdarah dingin. Dua ikan itu mampu menyelam sampai kedalaman dan suhu dingin tetapi pada periode tertentu harus kembali ke permukaan untuk melindungi organ vital seperti jantung.

Baca juga:
Latihan Militer Paling Ekstrem di Dunia
Seorang Ibu Mengikat Anaknya di Gaun Pernikahannya
Wanita ini Mempunyai dua Rahim di tubuhnya
Menurut hasil penelitian, Wagner dan rekannya menandai sejumlah opah yang hidup di lepas pantai California. Mereka melacak pergerakan opah, membaca suhu tubuh, serta suhu dan kedalaman tempatnya bergerak.

Wagner membeberkan fakta bahwa ikan yang kadang disebut "ikan bulan" itu memiliki suhu tubuh yang stabil. Suhu tubuhnya sekitar 7-9 derajat celsius lebih tinggi dari lingkungannya. Jenis itu mempertahankan suhu tubuhnya dengan terus-menerus menggerakkan sirip dadanya.

"Dengan menjadi endoderm (menghasilkan panas dari dalah-berdarah panas), opah tidak perlu bergerak ke permukaan untuk sekadar menghangatkan badan dan bisa tetap di kedalaman dekat dengan sumber makanannya," kata Wagner seperti dikutip Al Jazeera America.

Owyn Snodgrass dari NOAA juga menambahkan, opah juga mampu mempertahankan suhu karena struktur unik pada insangnya yang memungkinkan darah yang meninggalkan organ tersebut dihangatkan sebelum disebarkan ke seluruh tubuh.
loading...

0 Response to "Ini dia Sosok Opah Ikan Laut Berdarah Panas Di Dunia"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda.